Kali ini kami akan memerikan tutorial  tentang cara install wordpress di localhost dengan judul “Tutorial membuat website dengan wordpress – Cara install di local host “. Kedepanya, ketika pengaturan anda sudah benar di localhost, anda pun bisa menguploadnya di server anda. Bisa di webhosting maupun vps hosting.

Alat dan bahan yang diperlukan

Ada beberapa alat dan bahan yang anda perlukan diantaranya adalah php server, mysqlserver, danjuga file wordpress. Kita butuh php server karena wordpress menggunakan bahasa pemrograman php, kalau sebuah server tidak ada php nya , maka kita tidak bisa menginstall wordpress di dalamnya. WordPress juga menggunakan mysql / maria db sebagai database penyimpananya. Sehingga kita juga harus mempersiapkan mysql terinstall di computer kita.

Proses Instalasi wordpress di localhost .

Pertama kita install dulu komponen pendukung yang ada diatas . seperti php server , dan mysqlserver. untuk melakukanya kita hanya perlu mendownload usbwebserver. Aplikasi web server yang sudah terdapat komponen yang diperlukan untuk install wordrpress.

Kenapa tidak menggunakan xamp atau appserve atau bahkan wampserver sebagai webservernya? Ini hanya optional saja. Keunggulan usbwebserver adalah sifatnya portable. jadi kita tidak perlu install di komputer kita. Jika suata saat kita akan memindahkanproject, kita hanya perlu mengkopi server ini beserta script wordpress yang ada di dalamnya.

Saat saya menulis artikel ini, usbwebserver sudah release USBWebserver v8.6.5 . Dan berikut komponen yang ada di dalamnya

  • PHP 7.4.3
  • Apache 2.4.41
  • PhpMyAdmin 5.0.1 | default user : root , default password : usbw
  • Mysql 5.6.34

Persiapan webserver menggunakan usbwebserver

1. Download USBwebserver di https://sourceforge.net/projects/usbwebserver/
2. Setelah itu anda extract file tersebut di sembarang tempat yang anda inginkan
3. Kemudian download wordpress file di http://wordpress.org/latst.zip
4. Setelah itu extract wordpress file tadi di folder dimana usbwebserver tadi berada pada direktori root 

Persiapan Database

1. Silahkan jalankan usbwebservernya , kemudian buka browser dan ketik alamat ini http://localhost/phpmyadmin/
2. Setelah itu anda login dengan menggunakan user : root dan password : usbw . Setelah itu anda akan dihadapkan dengan tampilan seperti itu.

3. Klik pada basis data, kemudian pada nama basis data untuk latihan kali ini kita isi dengan wordpress. Kemudian kita klik buat. Maka data base dengan nama wordpress sudah sukses kita buat.

Persiapan Installasi

Setelah anda menyelesaikan step diatas, anda bisa langsung install wordperssnya.
1. Silahkan anda buka di browser anda dengan url http://localhost/wordpress/wp-admin/setup-config.php?step=1
2. Setelah itu anda akan diminta untuk memasukan detail database yang telah kita buat tadi.

Jika dalam proses pembuataadn database tadi anda menggunakan nama wordpress, maka silahkan isikan persis seperti gambar diatas setelah itu klik pada tombol submit

Setelah itu klik pada Run the installation

Silahkan isikan  site title, user name dan password sesuai yang anda kehendaki. Untuk your email juga bisa anda isikan sesuai dengan email anda. Setelah itu klik pada Install wordpress.

Selamat situs wordpress anda di lokal host sudah selsai anda setup. untuk login ke admin, anda bisa login lewat http://localhost/wordpress/wp-login.php dan gunakan user dan password yang anda isikan sebelumnya.

Pin It on Pinterest

Share This