Tutorial membuat toko online dengan wordpress – Menambahkan Variable Produk

Kembali lagi di riffamedia, kami akan lanjutkan tutorial mengenai woocommerce. Kali ini akankami berikan tuttorial bagaimana menambahkan variable produk untuk produk produk yang memiliki variasi.

Kami akan mengambil contoh toko online yang menjual produk gaju gamis. Gamis memiliki banyak variasi . Bisa variasi ukuran, variasa warna, dan juga variasi ukuran.

Sebelum anda menambahkan produk, khusus untuk tipe produk variable, kita harus menambahkan terlebih dahulu atribute. Anda bisa langsung menuju ke menu produk , kemudian klik pada bagian atribute.

Setelah itu halaman atribute akan terbuka. Dihalaman inilah anda bisa mengkonfigurasi atribut untuk produk variable.

Pada bagian Name kita bisa memasukan nama attibut. kali ini saya akan menambahkan atribut Size. Bagian Slug kita kosongkan saja. kamudian Klik pada tombol Add Atribute.

Kemudian kita coba bikin lagi atribut baru dengan nama Color. Sehingga kita memiliki 2 atribute yaitu Size dan Color

Setelah itu kita klik pada bagian kanan pada tulisan configure term. pada masing masing atribute. Pada bagian color bisa kita tambahkan warna seperti putih, abu abu , hitam , kuning. Kemudian pada size bisa kita tambahkan ukuran xl, l, m, s

Maka bisa kita lihat di bagian term sudah bertambah termnya pada tiap tiap atribute

Setelah itu kita bisa langsung menambahkan produk. Klik pada menu produk di sidebar sebelah kiri di halaman admin anda, kemudian pilih add new.

 

Setelah itu anda akan di arahakan halaman add new produk. Yaitu halaman dimana anda akan menambahkan produk baru.

Bagian 1  adalah bagian judul .Silahkan isi title nama produk anda.

Bagian 2 silahkan isikan deskripsi tetang produk anda. Menjelaskan tetang detail seperti bahan, garansi atau mungkin cara pemakaian dan lain lain.

Bagian 3 Silahkan anda pilih kategori yang cocok dengan produk anda. Jika anda masih bingung mengenai Categori, anda bisa lihat artikel kami sebelumnya di Membuat toko online dengan wordpress – Menambahkan produk kategori

Bagian 4. karena kita akan menambahkan produk dalam tipe variable, maka anda bisa memilih opsi variable produk.

Product Image adalah gambar yang akan muncul di halaman depan website.

Product gallery  adalah gambar yang akan ditampilkan di halaman produk. Anda bisa mengaupload debanyak banyakanya , gambar yang akan menunjukan kelebihan dari produk anda. Bisa tampak samping, depan belakan dll. Sehingga pembeli akan lebih jelas tetang produk yang dijual.

Karena kita fokus pada produk variable, sekarang langsung saja menuju pada bagian Atributes.

Kemudian kita pilih atribute yang ingin kita pakai dan klik add.

Pastikan kita centang pada bagian used for variation. kemudian kita pilih value yang telah kita tambahakan pada attribute diawal. Dan save atribute.

Setelah itu kita klik pada tabs variations.

Pilih pada create variations from all atributes dan pilih go. maka woocommerce akan mengenerate semua variasi yang telah kita set sebelumnya.

Setelah itu anda bisa set satu persatu tiap variasi yang ada. Di dalam variasi tersebut terdpat pengturan yang bisa kita setting

Regural Price :

Harga jual dari variasi produk anda

Sale Price :

Harga jual ketika ada sale

Stock Quantyty :

Sdalah jumlah stok yang anda miliki.

Allow Back order :

Jika ini di set “Do not allow” maka customer tidak bisa membeli produk tersebut ketika stok habis. Sedangkan jika di set Allow, maka customer tetap bisa membeli produk tersebut, walaupun stok habis.

Low Stock Threshold:

Merupakan bagas ambang bawah stok. pada gambar diatas diset di angka 2. Ketika Stok produk yang bersangkutan tingagl 2 buah, maka wooccommerce akan mengirimkan notifiaksi kepada pemilik toko.

Untuk memudahkan proses pengisian data di tipe variable, anda bisa mengunakan fasilitas yang ada pada bagian atas variasi.

Di tutorial selanjutnya akan kami jelaskan mengenai cara menambahkan Grouped produk di woocommerce wordpress.

 

Related Post

Leave a Reply