Selamat datang di riffamedia.com Kali ini kami masih membahas Tutorial bikin website dengan wordpress. Dan pembahasan kali ini adalah tentang Mengenal Tipe Post Di wordpress. Hal ini penting untuk diketahui agar teman teman semuanya tidak salah delam membuat halaman di wordpress.

Tipe halaman di wordpress

Secara default ketika kita membuat blog dengan wordpress , maka kita akan otomatis mendapatkan 5 jenis post type. yaitu Post , Page , Attachment, Revision, Navigation menu . Tapi dalam kesempatan kali ini kita hanya akan membahas dalam lingkup post dan page saja karena ini berhubungan dengan halaman wordpress akan di tampilkan di website, dan 2 jenis ini yang paling sering kita gunakan. Ok mari kita bahas lebih lanjut tentang keduanya.

Sebenarnya antara wordpress post dan wordpress page, sama sama memiliki fungsi sama yaitu untuk membuat halaman di wordpress. Akan tetapi antara keduanya sengaja di design berbeda oleh wordpress untuk keperluan tertentu. Untuk melihat perbedaan di antara keduanya mari kita bahas lebih lanjut.

Halaman wordpress tipe post

Post type ini merupakan jenis post yang biasa digunakan untuk harlaman artikel. Halaman yang  update berkala baik harian, mingguan ataupun bulanan. Misalkan anda ingin membuat sebuah artikel dengan judul ” cara membuat blog dengan wordpress” . Maka itu akan lebih tepat jika anda menempatkan pada halaman wordpress tipe post.

Halaman wordpress tipe page

Post type ini merupakan jenis post yang sifatnya statis. Jarang sekali ada update tambahan. Bahkan banyak dari sebagian web developer hanya membuat halaman tipe page ini hanya ketika website di buat. Dan setelah itu hanya update artikel atau halaman wordpress dengan tipe page. Contoh halaman wordpress tipe page adalah : Halaman contak kami , halaman about.

untuk lebih memperjelas antara halaman tipe post dan tipe page silahkan lihat gambar di bawah ini. Halaman yang di kotak merah adalah link halaman page, dan yang kasih kotak biru adalah link halaman post

Apakah perbedaan antara halaman post dan halaman page?

  • Halaman post berkaitan dengan waktu sedangkan page , parameter waktu tidak dibutuhkan
  • Halaman post memiliki kategori , sedangkan halaman page tidak memiliki kategori
  • Halaman post memiliki tag, sedangkan halaman page tidak memiliki tag
  • Halaman post biasanya di daftarkan / submit di search engine seperti google bing dll , sedangkan bagi sebagian web developer, halaman page tidak di daftarkan guna menghindari duplikat konten
  • Halaman post sangat ideal untuk di bagian di media sosial sedangkan halaman page tidak semua dapat di bagikan di media sosial.
  • Halaman post tidak bisa di set sebagai halaman depan website, sedangkan halaman page bisa dijadikan untuk halaman depatn.
  • Halaman post update berkala, sedangkan halaman page hampir jarang ada update.

Kesimpulan

Dengan adanya penjelasan di atas diharapkan rekan rekan mampu membedakan antara kedua tipe post ini. Kapan kita menggunakan tipe post, dan kapan menggunakan tipe page. Karena ini merupakan aturan yang diberikan wordperss. Ketika anda salah dalam menentukan tipe post, maka website anda akan kelihatan aneh. Semoga artikel tentang Tutorial bikin website dengan wordpress – Mengenal Tipe halaman Di wordpress ini bermanfaat untuk rekan rekan semua.

Pin It on Pinterest

Share This