Perbandingan PHP vs JavaScript yang perlu kalian tahu

Tidaklah adil ketika kita membandingkan PHP vs JavaScript, karena keduanya memiliki tujuan yang berbeda untuk pengembangan situs web. PHP adalah bahasa skrip sisi server sedangkan JavaScript adalah bahasa skrip sisi klien. Faktanya, situs web dinamis dibuat menggunakan fungsi dari kedua bahasa ini secara bersamaan. Jika PHP seperti kuas untuk melukis gambar, maka JavaScript adalah warna cat.

PHP

PHP adalah singkatan dari “Hypertext Preprocessor”, adalah bahasa pemrograman yang gunakan dalam HTML yang mampu melakukan semua hal seperti membuat konten web , mengirim dan menerima cookie, mengevaluasi data yang dikirim dari browser, dll. Ini terintegrasi dengan sejumlah database populer seperti Postgre SQL, Oracle, Sybase, SQL, dan MySQL. PHP juga mendukung protokol utama seperti IMAP, POP3 dan LDAP.

PHP dapat menangani formulir, menyimpan data ke file, mengembalikan data ke pengguna, mengumpulkan data dari file, dll.

JavaScript

JavaScript adalah bahasa pemrograman yang dirancang untuk membuat aplikasi yang berpusat pada jaringan. Dengan JavaScript, halaman web tidak lagi menjadi HTML statis dan memungkinkan tampilan antarmuka yang bagus dan memudahkan proses interaksi yang sangat baik dengan pengguna, mengontrol browser, dan secara dinamis membuat konten HTML. Keuntungan dari JavaScript adalah bahwa bahasa pemrograman ini memiliki lebih sedikit interaksi server, memungkinkan Anda untuk memvalidasi input dari pengguna sebelum mengirimkan data. Ini berarti akan lebih sedikit memakan resource atau meringankan beban di server anda sertalebih sedikit lalu lintas server.

Contoh: Saat Anda mengarahkan kursor ke tab menu di halaman web, efek drop-down dilakukan melalui JavaScript.

Catatan: JavaScript sekarang mendukung eksekusi sisi server melalui NodeJS

PERBEDAAN UTAMA

  • PHP adalah bahasa skrip sisi server sedangkan Javascript adalah bahasa skrip sisi klien.
  • PHP tidak dijalankan di dalam browser sedangkan Javascript dijalankan di dalam browser.
  • PHP mendukung database sedangkan Javascript tidak mendukung database.
  • PHP menerima variabel huruf besar dan kecil sementara Javascript tidak.
  • PHP tidak mendukung pertukaran Objek & Array sedangkan JavaScript mendukung pertukaran Objek & Array.

 

Related Post

Leave a Reply