Memiliki file / data digital adalah bisa menjadi salah cara yang aman dan bagus untuk menjaga keamanan data / file. Namun, apakah file / data kita benar-benar nyaman saat dikemas dalam penyimpanan digital, seperti hard drive, flash drive, kartu SD, dll.? Tentu saja tidak.

Hal ini karena data / file yang diletakkan dengan cara digital dapat saja musnah . Pemicu hilangnya data / file juga bermacam-macam, bisa jadi ada kerusakan file, harddisk, atau bisa juga terinfeksi virus. Namun, Anda dapat mencegah semua hal tersebut dengan melakukan metode backup data.

Oleh karena itu, kami ingin membahas betapa berharganya melakukan backup data sebelum sesuatu yang buruk terjadi. Kenapa hal itu penting untuk anda lakukan?

Akan berguna jika Hardisk PC anda rusak

Pengarsipan data dapat dilakukan di mana saja, biasanya dikemas dalam hard drive untuk PC / laptop. Namun, ada juga yang menyisihkan data pada image card, SD card, flash disk, atau mungkin CD / DVD. Akan tetapi semua fasilitas penyimpanan data rentan terhadap kerusakan, akibatnya mungkin ada file / data didalamnya yang dapat hilang atau bahkan semakin rusak.

Oleh karena itu, melakukan backup data adalah pilihan tertinggi. Sebelum terjadi kerusakan, sebaiknya simpan data / file berharga ke perangkat penyimpanan lain. Jika penyimpanan eksternal terbatas, mungkin Anda dapat mencadangkan data di penyimpanan cloud. Sekarang ada banyak cloud storage yang tersedia di pasaran, ada pula yang gratis dan berbayar.

Backup data akan meningkatkan produktifitas anda

Pada Saat data musnah, Anda harus secara otomatis meluangkan waktu untuk membuat ulang data / file tersebut. Misalnya, Anda adalah seseorang mahasiswa yang tengah menyelesaikan skripsi. Tiba-tiba, pc yang digunakan buat menyelesaikan skripsi mengalami kerusakan pada hard drive.

Kemudian, harddisk tidak dapat disimpan, sehingga file skripsi yang dibuat menghilang begitu saja. Dengan kejadian seperti itu, mau tidak mau siswa harus membuat ulang tesisnya dan itu hanya membuang-buang waktu.

Dengan demikian, agar tidak membuang waktu seperti itu, sebaiknya simpan dulu data yang berarti (backup data) agar mahasiswa tidak perlu mengerjakan skripsi dua kali.

Aman dari malware yang akan merusak data anda

Terdapat banyak jenis virus yang dapat merusak PC / laptop. Apalagi terdapat beberapa virus pc yang sama spesialnya dengan file di hard drive ataupun penyimpanan yang lain. Tak cuma itu, ada juga virus yang menghantam data sehingga datanya tidak bisa dikembalikan.

Tentu saja masalah ini sangat fatal bagi mereka yang memiliki banyak data berharga di PC / laptopnya. Bila sebelum itu terjadi, sepatutnya lakukan aksi untuk mengamankan data. Dengan seperti itu, Anda tidak perlu panik lagi kehilangan data penting.

Dengan Backup Data akan menimbulkan rasa aman

Jika sudah memiliki data yang sudah terbackup tentu tidak perlu khawatir lagi kehilangan data. Sekalipun datanya hilang, setidaknya sudah ada backup datanya di tempat lain, sehingga anda akan merasa nyaman dan tenang.

Namun harus dipahami bahwa backup data harus dicoba secara rutin tergantung kebutuhan. Jadi, sebaiknya sering-seringlah membackup data anda setiap kali memiliki data / file dengan nilai terbaru ya.

Inilah tujuh alasan betapa berharganya melakukan backup data. Intinya, data yang musnah masih dapat dibenahi, tapi semuanya tergantung dari kerusakan datanya. Namun, ada ahlidata. com yang menyiapkan layanan untuk pemulihan data dan pemulihan data hard disk Anda dengan nyaman.

Ada banyak hal yang bisa dicoba oleh ahlidata. com. Mereka dapat membersihkan data yang lenyap, terhapus, tak bisa dibuka, membuang data pada SSD / HDD, Flash Disk, Kartu Memori, Kartu SD, dan banyak lagi. Bagus lagi, ahlidata. com juga mendukung drive dengan pola file NTFS, exFAT, ataupun FAT16 / FAT32.

Tidak diperbolehkan mengkhawatirkan biaya, karena data ahli. com juga menetapkan harga yang tepat sesuai dengan kapasitas penyimpanan yang ingin Anda pulihkan. Biayanya berkisar antara 1 juta sampai 10 juta rupiah. Seluruh kehancurannya dipecah menjadi tiga; kompak, lebih panjang, dan berat.

 

 

Pin It on Pinterest

Share This