Halo apakabar teman teman semuanya jumpa lagi di riffamedia. Kali ini kami akan berbagi tutorial bagaiamana Membuat toko online dengan wordpress . Dan kali ini kami akan fokus bagaimana cara memanage categori di wordpress, terutama untuk produk kategori ketika kita menggunakan plugin woocommerce.

Sebelumnya saya akan memberikan studi kasus tentang toko online penjual baju dengan brand yang memiliki banyak jenis variasi produk.

Sebagai contoh saya mamiliki produk gamis bernama Nibras. Dan dalam merek nibras ini memiliki banyak variasi produk. Gamis Dewasa, Gamis Anak, Kerudung,  Koko Anak , Koko Dewasa.

Bagaimana cara yang tepat untuk membuat sebuah kategori dengan kondisi diatas?, sebenarnya kita bisa menggunakan satu categori saja yaitu Nibras. Akan teatpi tentu itu kurang spesifik, dan akan menyusahkan kita dan para pengunjung website kita akan memakan waktu lebih lama untuk mencari produk yang di inginkan. Sehingga lebih baik kita tetap harus membuat kategori diatas, akan tetapi dengan komposisi / type yang berbeda.

Kita akan menjadikan Nibras sebagai Parent Categori , dan Gamis Dewasa, Gamis Anak, Kerudung,  Koko Anak , Koko Dewasa sebagai Child Categori. Kemudian bagaimana cara membuatnya di di wordpress?

Silahkan  klik pada menu produk dan klik kategori seperti gambar diatas, untuk membuka halaman kategori.

Berikut adalah tampilan halaman untuk memanage produk categori untuk woocommerce di wordpress

Pertama tama coba kita membuat dulu Kategori utama untuk Nibras.

  1. Bagian pertama adalah nama dari kategori, sehingga kita bisa mengetikan Nibras pada bagian pertama tersebut. 
  2. Bagian kedua adalah slug . Slug adalah alamat url dari categori. Di wordpress biasanya slug akan memiliki format https://website.com/category/Slug/. Jadi anda bisa mengisikan sesuai dengan yang teman teman inginkan, Akan tetapi saya lebih suka mengkosonginya, karena wordpress akan membuatkan secara otomatis sesuai dengan nama categori.
  3. Bagian yang ke 3 adalah yang menentukan / membedakan antara kategori utama dan kategori turunan. Untuk kategori utama / Parent kategori, maka pada bagian ini kita isikan none , Sehingga kategori Nibras akan menjadi kategori utama.
  4. Bagian ke 4 adalah deskripsi, Bagian ini bisa kita kosongkan.
  5. Setelah itu kita simpan kategori tersebut.

Sekarang kita coba membuat Kategori turnan / Child categori untuk Nibras.

  1. pada bagian pertama kita masukan kategori turunan dari nibras misal Gamis Dewasa.
  2. Bagian slug diperlakukan sama seperti datas. Bisa di kosongkan
  3. Sebelumnya kita sudah menambahkan Categori nibras. Sehingga di bagian ini seharusnya sudah ada pilihan nibras. Sehingga pada komom 3 ini silahkan pilih nibras. Ini akan membuat categori Gamis Dewasa akan menjadi Child categori, atau kategori turunan untuk nibras.
  4. Bagian 4 bisa kita kosongkan saja.
  5. Setelah itu save.

Untuk kategori kategori yang lainya bisa anda isikin sesuai dengan contoh diatas. Yang membedakan antara kategori turunan dan kategori Utama adalah pada opsi pemilihan di kolom ke 3 , yaitu pada opsi Parent Category.

Bagaimana cukup mudah bukan cara Membuat toko online dengan wordpress? silahkan anda gunakan wordpress dan woocommerce untuk membuat toko onlne. dan kami akan menambahkan tutorial Membuat toko online dengan wordpress dilain waktu. Ok Selamat mencoba

Pin It on Pinterest

Share This