Inkscape merupakan softare untuk design grafis alternatif terbaik pengganti corel draw atau pun adobe ilustrator. Softare ini adalah merupakan perangkat lunak yang open source. Selain itu software ini dapat di unduh tanpa di pungut biaya alias gratis.

Dibanding dengan Corel Draw, Xara X, Freehand, Adobe Illustrator dan sofware lianya, software ini menampilkan format unik yang tidak ditemukan di produk serupa lainnya. Fitur-fiturnya yang disajikan melalui antarmuka yang konsisten, stabil, dan jelas. Editor ini juga lintas platform yang memungkinkannya berjalan dengan lancar pada Sistem operasi dengan arsitektur MAC OS X, Windows, dan Linux. Sehingga anda tidak perlu khawatir karena inksacape ini menunjunga semua sistem operasi yang ada.

Didalam Inkscape terdapat format yang keren menurut saya. Yaitu menggunakan SVG (Scalable Vector Graphics) yang banyak orang menganggap sebagai format yang hebat untuk merancang dan membuat spanduk dan logo atau media lain yang dimodifikasi dalam mode vektor. Alasan untuk itu adalah bahwa format SVG memungkinkan desainer grafis dan lainnya di bidang branding / pemasaran, grafik web, CAD / teknik, dan membuat kartun. Sofware ini mampu melakukan penskalaan ke ukuran apa pun tanpa kehilangan kualitas aslinya. Pengembangan platform ini berorientasi pada komunitas dan open source yang berarti bahwa pengguna dapat menggunakan dan mendistribusikannya tanpa biaya apa pun dan mereka juga dapat mengintip kode sumbernya dan mengembangkannya lebih lanjut. Fitur lain yang menarik adalah pembuatan dan manipulasi objek, operasi jalur, rendering, format file, dan dukungan teks.

 

Keuntungan Inkscape

  • Inkscape memiliki warna berkualitas tinggi karena ada warna datar, gradien, dan tingkat warna transparansi.
  • Gambar dengan akurasi tinggi dapat diproses dengan sempurna. Inkscape memiliki standar grafis vektor di mana pelukis dapat mengubah setiap bagian dalam fotonya tanpa mengubah kualitas gambar.
  • Inkscape sangat baik untuk memproses objek yang kompleks karena memiliki parameter detail. Contoh parameter detail adalah garis, warna isi, lapisan, posisi, dan lainnya.
  • Inkscape dapat memperbaiki setiap bagian garis dengan alat Edit Paths By Nodes.\
  • JIka anda sering menggunakan Corel Draw dan Adobe Illustrator di sistem operasi Windows, tentu anda akan mudah menggunakan inkscape

Kekurangan Inkscape

  • Sulit mempelajari aplikasi ini untuk pemula karena Inkscape memiliki banyak fitur kompleks
  • Perlu kesabaran dan ketelitian untuk menghasilkan gambar terbaik.
  • Inkscape tidak dapat menyimpan dokumen ke beberapa format file dokumen seperti jpeg, jpg, png, dan bitmap lainnya
  • Tidak ada print preview dalam software tersebut
  • Ketika anda akan mencetak gambar, belum tentu percetaan memiliki inkscape, jadi agar ribet harus install inkscape di komputer lain

Bagaimana rekan rekan sekalian? Aplikasi ini sangat patut di coba sebagai alternative terbaik untuk corel draw dan adobe ilustrator. Ayo kita beralih dari software bajakan ke free ware yang memiliki kualitas yang bagus.

Pin It on Pinterest

Share This