Mengedit gambar merupakan ketrampilan yang membutuhkan latihan. Adobe Photoshop mungkin software yang paling di kenal oleh banyak orang terkati software pengeditan gambar. Jika Anda mencari alternatif untuk Photoshop, GIMP adalah pilihan yang bagus yang memiliki kemampuan hampir imbang dengan photoshop. Software ini tersedia untuk hampir setiap sistem operasi. GIMP adalah software yang sifatnya open source dan gratis dengan banyak penyesuaian dan opsi plugin yang dikembangakan oleh pihak ketiga.

Apa Keuntungan Gimp?  Keuntungan terbesar adalah gratis. Jika Anda khawatir tentang format gambar yang di support, Gimp dapat menangani hampir semua format yang anda temui di photoshop, termasuk: bmp, gif, jpeg, mng, pcx, pdf, png, ps, psd, svg, tga, xpm. Kekuatan terbesar Gimp adalah fleksibilitas dan penyesuaiannya. Ada banyak plugin Gimp yang bisa anda manfaatkan . Hal ini menjadikan software gimp menjadi perangkat lunak pengedit foto paling fleksibel di pasaran dan gratis.

Keuntungan GIMP
– Free
– Highly customizable dan flexible
– Komunitas pengguna yang sangat banyak yang menjadikan software ini berkembang pesat
– High usability
– Mudah menghkubungi pengembang terkait masalah yang software

Kekurangan GIMP
– Kurang dikenal
– Update software lebih lambat dibanding software berbayar
– Tidak ada garansi bahwa perangkat lunak akan selalu di kembangakan selamanya

Ini baru sebagian kecil mengenai pro dan kontra GIMP, ada lebih banyak pro dan kontra terkiat penggunaan GIMP, tetapi ini akan memberi Anda pengetahuan dasar terkait pro dan kontra ketika ingin beralih ke perangkat lunak open-source ini. Dan untuk informasi lebih lanjut tentang GIMP, Anda dapat mengunjuungi Wiki GIMP, yang dikelola oleh pengembang GIMP, atau The GTK + Project, yang merupakan toolkit untuk pembuatan antarmuka pengguna grafis (GUI). GIMP juga menyediakan serangkaian Tutorial.

 

Pin It on Pinterest

Share This