Sebagai anda adalah software developer, tentu tidak lepas dengan Interface. karena dengan adanya interface yang bagus maka akan memudahkan pengguna software untuk menjalankan sofware yang anda buat.

Jika anda pengguna PHP, bisa menggunakan pemrograman HTML dan javascript. Untuk pengguna VB.NET , visual studio sudah menyediakan GUI yang bagus yang bisa anda gunakan dengan sangat mudah. bagaimana jika kita ingin membuat aplikasi gui dengan python?

Kenda Distribusi software tanpa membuat gui python

Kebanyakan develper python bekerja didalam type console. Ini tentunya sangat menyulitkan pengguna jika software anda di distribusikan tanpa adanya interface. Jika anda ingin menggunakan type web , anda bisa membuat aplikasi gui python dengan mengcombine dengan php , HTML dan javascript. Akan tetapi jika anda ingin mendistribusikan software dalam bentuk desktop, maka anda perlu framework / module yang bisa anda gunakan untuk membuat gui python.

Framework yang digunakan untuk membuat gui dengan python

Kivy

Kivy adalah OpenGL ES 2 accelerated framework untuk pembuatan antarmuka/ GUI . Framework ini mendukung cross platform. Diantaranya adalh  mendukung  platform  Windows, MacOSX, Linux, Android iOS dan Raspberry Pi. Kivy Ini adalah framework GUI yang sifatnya open source dan dilengkapi dengan lebih dari 20 widget yang bisa anda gunakan di dalamnya.

PyQT

PyQT adalah salah satu binding Python yang juga bisa di gunakan untuk cross platform.  Module ini mengimplementasikan library Qt untuk framework pengembangan aplikasi Qt yang dikembangkan perusahaan raksasa tekonologi Nokia. Anda bisa menggunakan framework/ module PyQT ini untuk OS Unix / Linux, Windows, Mac OS X dan Sharp Zaurus. Yang menarik, PYQT menyediakan  Qt Designer untuk membuat dialog visual.

PyQT Ini menyediakan 2 sistem lisensi yaitu lisensi komersial maupun GPL. Meskipun beberapa fitur mungkin tidak tersedia dalam versi gratis, jika anda hendak mengembangkan aplikasi yang  bersifat open source, Anda dapat menggunakannya di bawah lisensi gratis.

Tkinter

Tkinter merupakan modul yang sudah ada ketika kita menginstall  Python di komputer kita . Dengan kata lain Tkinter ini merupakan GUI standar yang di miliki oleh Python. Module ini merupakan salah satu modul ynag populer karena kesederhanaan dan antarmuka pengguna grafisnya sehingga memudahkan seorang pengembang untuk mempelajarinya.

Keuntungan lain ketika kita memilih untuk menggunakan  Tkinter adalah karena Tkinter tersedia secara default, terdapat banyak literatur secara onlin maupun buku referensi. Serta di dukung juga dengan komunitas yang sudah tua dan aktif, ada banyak pengguna yang dapat membantu Anda jika memiliki sekulitan.

WxPython

WxPython adalah wrapper yang sifatnya open source yang memiliki fungsi seperti hal diatas, yaitu untuk untuk membut GUI / Interface bagi anda seorang software developer di python. Wxpython juga mendukung lintas platform . Dengan WxPython, Anda anda bisa membuat aplikasi untuk OS Windows, Mac OS, dan Unix / Linux.

PyGUI

PyGUI adalah Framework yang bisa bekerja pada  lintas platform aplikasi  untuk Unix, Macintosh dan juga untuk OS Windows. Dibandingkan dengan beberapa Framework GUI lainnya, PyGUI sejauh ini paling sederhana dan ringan dari semuanya, karena API murni sinkron dengan Python. PyGUI menyisipkan kode yang sangat sedikit antara platform GUI dan aplikasi Python, oleh karena itu tampilan dari aplikasi biasanya akan ditampilkan GUI yang berasal dari platform itu sendiri.

PySide

PySide adalah Qt toolkit GUI Cross platform. Anda bisa menggunakan PySide secara gratis . Framework ini  diprakarsai serta disponsori oleh perusahan besar  Nokia.  PySide saat ini mendukung bisa anda gunakan untuk develop software di OS Linux / X11, Mac OS X, Maemo dan Windows . Selain itu juga mendukung untuk Android .

 

Framework mana yang terbaik digunakan untuk membuat gui dengan python?

Jika anda ingin menentukan mana yang bagus dan tepat untuk dijadikan sebagai pilihan utama untuk membuat GUI dipython, maka jawabanya setiap orang pasti relative.

Akan tetapi kami sendiri menyarankan untuk menggunakan PyQT jika anda ingin develop dengan GUI yang sangat lengkap. Akan tetapi memang kode sedikit lebih rumit. Akan tetapi jika anda ingin develop software ringan dan tidak terlalu advance, maka anda bisa menggunakan tkinter. Karena tkinter ini adalah GUI yang paling simple dan sederhana. Anda bisa mempelajarinya dengan cepat.

 

Pin It on Pinterest

Share This