Bagi banyak orang Linux secara  umum digambarkan sebagai sistem operasi untuk untuk keperluan programer, web server, tetapi seiring berjalanya waktu telah ada upaya nyata untuk membuat Linux lebih menarik bagi konsumen umum. Ini tidak lain karena ketidakpuasan konsumen secara umum dengan masalah keamanan Windows atau bahkan saingan terberat windows yaitu Apple.

Hal ini menyebabkan Linux hadir dalam berbagai bentuk, yang dikenal sebagai distro. Kelebihan linux diantarnya adalah sangat dapat dikonfigurasi sehingga berbagai bentuk cenderung dikembangkan untuk kebutuhan atau kepentingan basis pengguna yang berbeda.

Saat ini linux sudah mudah digunakan, ketika kita install pertama kali, tidak perlu di pusingkan dengan hardware yang tidak kompatible. Software yang tersedia di linux juga saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hampir semua softare yang ada di windows maupun di Mac, sudah ada pengganti yang sepadan yang bisa anda gunakan di linux. Jadi jangan khawatir jika anda pindah dari  windows maupun Mac ke Linux.

Untuk GUI, saat ini linux juga menawarkan antar muka yang sangat menawan, bahkan banyak yang menawarkan interface yang sengaja di samakan dengan windows maupun Mac. Ini tentunya sangat memudahkan bagi para pemula, agar tidak banyak penyesuain yang harus di lakukan.

Berikut adalah daftar distro linux yang bisa anda gunakan sebagai alternative Windows ataupun Mac OS

Distro Linux Deepin

Deepin (Linux Deepin, Hiweed GNU / Linux) adalah sistem operasi berorientasi desktop Linux yang merupakan turunan dari Debian, Distro ini bisa anda gunakan laptop maupun di desktop. Tujuannya utama dari pengembang  adalah untuk menyediakan sistem operasi yang sangat menarik, mudah digunakan, aman, dan andal bagi pengguna bagik pemula maupun mahir.

Antar muka utamanya adalah Deepin Desktop Environment (DDE), beberapa aplikasi asli dan perangkat lunak open source yang sudah diinstal sebelumnya, sehingga Anda dapat merasakan berbagai aktivitas yang nyaman, serta memenuhi kebutuhan harian Anda. Yang terpenting, Anda dapat menemukan sekitar seribu aplikasi yang ada di Deeping Store untuk memenuhi kebutuhan pengguna.

Distro Linux Fedora

Distro Fedora Dibangun serta dikelola oleh Fedora dan disponsori oleh Red Hat. Fedora kemudian merupakan salah satu distro linux yang amat banyak dipakai selama bertahun-tahun . Fedora saat ini tersedia untuk versi destop, versi server dan juga cloud.
Akan Tetapi, bisa jadi keistimewaan yang paling membedakan dari Fedora adalah bahwa Fedora selalu memimpin dalam mengintegrasikan versi paket dan teknologi baru ke dalam distribusi. Selain itu, rilis baru Red Hat Enterprise Linux dan CentOS didasarkan pada Fedora.

Distro Linux Zorin OS

Zorin OS adalah salah satu distro linux untuk desktop terbaik dan mudah digunakan yang ada pada saat ini. Ini mungkin bisa anda jadikan alternatif untuk Windows dan macOS, . Yang membuatnya populer adalah desktopnya yang keren, bersih, dan dipoles yang menawarkan aplikasi Zorin Appearance yang memungkinkan pengguna mengubah desktop secara leluasa.

Distro Linux Solus

Solus merupkan distro linux yang dirancang khusus untuk keperluan rumah dan kantor, Solus adalah distribusi merupakan distro Linux yang dibangun dari awal.

Beberapa fiturnya yang lebih menarik adalah desktop yang bisa anda kustom, dan menggunakan GNOMEIni juga dapat digunakan oleh sofware / web developer dan pengembang lainya karena menawarkan berbagai alat pengembangan seperti editor, bahasa pemrograman, kompilasi, dan sistem kontrol versi, serta teknologi kontainerisasi / virtualisasi.

Distro Linux Elementary OS

Elementary os mengclain dirinya sebagai  “pengganti yang lebih tepat dan terbuka untuk Windows dan OS X”, distribusi Linux desktop berbasis Ubuntu LTS yang terlihat bagus ini pertama kali di release pada tahun 2011 dan saat ini berada pada rilis stabil kelimanya dengan kode “Hera”.

Dan menurut pendapat kami  distro linux elementary os  ini adalah salah satu distribusi desktop yang memiliki tampilan paling keren yang pernah kami lihat.

Distro Linux Debian

Distro Linux ini merupkan salah satu distro yang sangat stabil, solid dan sangat kokoh.  Distro Debian Linux juga memiliki komitmen berkomitmen pada software yang gratis (sehingga akan selalu tetap 100% gratis) tetapi juga memungkinkan pengguna untuk menginstal dan menggunakan paid software pada komputer anda. Distro  Ini bisa anda gunakan baik di komputer desktop maupun server, juga untuk menjalankan infrastruktur pada cloud.

Tahukah anda bahwa debian adalah salah satu dari dua distribusi Linux tertua dan terkenal selain  RedHat Enterprise Linux, ini adalah dasar dari banyak distribusi Linux populer terutama Ubuntu , Kali Linux dan masih banyak lagi distro yang menggunakan debian sebagai induknya.

Walaupun kekuatannya terutama terlihat di server, edisi desktop telah mengalami peningkatan luar biasa dalam fitur dan tampilan.

Distro Linux Ubuntu

Perusahaan pengembang distro linux Ubuntu, telah mencurahkan daya dan upaya yang begitu besar untuk menjadikannya distro debian ini menjadi yang populer dan tersebar luas. Sekarang ini anda dapat menemukannya distro ubuntuk di berbagai perangkat seperti di smartphone, tablet, PC, server, dan cloud VPS.

Selain itu, Ubuntu memiliki kelebihan karena berbasis Debian dan merupakan distribusi yang sangat populer di kalangan pengguna baru. Ini merupakan salah satu alasan mengapa distro ini tumbuh dan berkembang dengan pesat sampai saat ini. Meskipun tidak diperhitungkan dalam peringkat ini, Ubuntu adalah basis distribusi keluarga Canonical lainnya seperti Kubuntu, Xubuntu, dan Lubuntu.

Distro Linux Mint

Linux ini merupkan turunan dari distro Ubuntu, ini merupkan salah satu distribusi Linux yang stabil, kuat, lengkap, dan mudah digunakan. Yang paling membedakan antara linux mint dan lainya adalah pada proses  selama instalasi, Anda diizinkan untuk memilih desktop interface, anda bisa pilih secara custom daftar aplikasiyang di install, Anda akan dapat memutar file musik dan video Anda tanpa langkah konfigurasi tambahan karena instalasi standar menyediakan codec multimedia dengan sangat mudah.

Distro Linux Manjaro

Distro yang satu ini merupakan distro turunan dari  Arch Linux, Linux manjaro sangat cocok bagi semua kalangan baik pemula maupun yang sudah expert untuk menggunakan linux. Manjaro memberikan pilihan desktop prainstal, dan menyediakan aplikasi grafis  dan juga codec multimedia untuk menjalankan audio dan video.

Distro MX Linux

MX Linux menempati urutan  teratas. Ini dikarenakan karena stabilitas nya yang  tinggi, memiliki desktop yang elegan dan efisien, dan juga memudahkan orang untuk belajar. Ini adalah sistem operasi Linux berorientasi desktop dengan kelas menengah. Linux ini dekembangkan menggunakan Debian. Konfigurasinya pun sangat sederhana akan tetapi memiliki kinerja yang solid, serta  footprint berukuran sedang. Itu dibangun untuk semua jenis pengguna baik itu pemula maupun mahir serta dari berbagai bacground skill. Linux ini juga menyediakan aplikasi.

Selain itu, ini pada dasarnya berorientasi pada pengguna. Selain itu anda jangan khawatir karena distro satu ini dilengkapi dengan sejumlah free software yang bisa anda gunakan.

 

Kesimpulan

Daftar diatas merupakan daftar linux yang patut anda coba sebagai pengganti dari os windows dan mac yang notabennya adalah os berbayar. Jika anda tidak memiliki budget untuk os, dan ingin meninggalkan software bajakan, kami menyarankan untuk mengganti os anda dengan salah satu linux yang ada diatas.

Dari sekian distro yang ada, kami pribadi lebih memilikih UBUNTU sebagai alternative windows / mac. Ini dikarenakan komunitas yang sangat banyak, dan cara menggunakanya pun sangat mudah.

 

 

 

Pin It on Pinterest

Share This