Halo sobat semuanya , kali ini kami akan berbagi tips untuk rekan rekan semua tentang bagaimana judul Cara membuat website dengan wordpress bagi pemula. Disini akan kami jelaskan step by step, dan mungkin akan kami split dalam beberapa artikel. Sebelum kita masuk tutorial membuat blog di wordpress, akan saya tegaskan kenapa kita harus menggunakan wordpress?

 

Kenapa Kita menggunakan Wordrpess

Banyak sekali manfaat yang bisa anda temukan jika anda menggunakan cms satu ini. dan yang paling penting jika anda merupkan orang awan dalam dunia website, maka wordpress merupakan cms yang sangat newbie friendly. Berikut adalah beberapa alasan kenapa kita harus menggunakan wordpress dibanding dengan cms lain.

– WordPress merupakan CMS terpopuler di dunia

Karena wordpress merupakan cms terpopuler di dunia, ini berdampak pada banyaknya pengembang yang membuat fiture fiture sebagai add on tambahan untuk wordpress. Dan Sebagian besar dari addon ini juga gratis. Dengan kata lain, ketika kita ingin menambahkan sebuah fungsi / fiture khusus di dalam wordpress, maka kita tidak harus mengerti php dan harus coding dari awal. Yang kita lakukan hanya mendownload dan memsangnya ke dalam situs kita. Disamping itu kita juga akan dimudahkan dalam mendesain tampilan. Karena kita hanya tinggal pasang template / theme yang sudah di sediakan oleh pengembang lain yang tinggal kita unduh. Selain itu karena wordpress merupkan cms terpopuler , sehingga banyak sekali tutorial membuat website dengan wordpress yang bisa anda temukan. Bahkan jika pun anda merupkan seorang yang baru di dunia website ada banyak sekali tutorial wordpress pemula yang akan anda jumpai.

– WordPress merupakan CMS Gratis dan Open Source

Jika anda ingin membuat website gratis dari sisi pembuatanya, maka wordpress adalah satu di antaranya. Kita bebas menggunakan di banyak website yang kita ingikan. Dengan adanya wordpress banyak para blogger, atau orang yang ingin membuat website, tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membuat website. Tahukah anda bahwa untuk membuat website non cms / Coding dari awal , biayanya bisa puluhan bahkan ratusan juta hanya untuk webstienya saja. Belum lagi untuk biaya hosting perbulan, danjuga domain nya. Kalau anda perusahaan besar mungkin ini tidak masalah bagi anda.

– WordPress merupakan CMS yang seo friendly 

WordPress di kembangkan sudah cukup lama sekitar 2003. sehingga dalam pengembanganya sudah banyak mengalami perubahan perbahan dari tiap releasenya. Sehingga bisa dibilang struktur coding dari wordpress sangat berkualitas tinggi. Bahkan google pun menyukai website yang berbasis wordpress. Sehingga tidak sedikit situs situs wordpress yang menduduki peringkat teratas dalam pencarian di google.

– WordPress merupakan cms yang support banyak file

Banyak file yang bisa kita gunakan dalam wordpress . Kita bisa menaruh Image, dokumen , Audio maupun Video. Jadi jenis apapun website yang akan kita buat wordpress bisa menghandle semuanya.

– WordPress merupakan cms yang mudah di customize

Banyak tipe website yang bisa di handle oleh wordpress. Anda mau bikin blog , maka anda bisa menggunakan wordpress dengan pengaturan standarnya. Atau mungkin anda ingin membuat toko online seperti tokopedia atau shopee? ada banyak addon / plugin yang bisa anda gunakan. Dan yang paling populer adalah dengan woocommerce. Anda ingin membuat website company profile, shcoole profile, atau bahkan ingin membaut forum? maka semua ada di wordpress.

– WordPress merupakan cms yang pengaturan dan penggunaanya mudah

WordPress di design dengan user friendly. Struktu navigasi di dashboarnya pun sangat nyaman untuk dilihat. Ini lah kenapa wordpress merupkan cms yang sangat newbie friendly. orang baru kenal website pun akan mudah untuk menggunakanya. Dengan dukungan comunitas nya kita akan sangat mudah mencari tutorial wordpress lengkap.

Kelemahan  WordPress dan Bagaimana cara mengatasinya

Selain keunggulan wordperss, kami juga akan menjelaskan beberapa kelemahan dari wordpress itu sendiri.  Namun  kelemahan kelemahan itu sendiri biasanya dikarenakan karena faktor dari user  yang tidak benar dalam mengkonfigurasi

– Loading Website dengan wordpress cenderung lebih  Lambat

Kenapa loading website dengan wordpress lambat? Ini disebabkan karena banyaknya request ke database ketika akan membuka website. Sehingga dengan banyaknya request maka akan memperlambat waktu tayang dari halaman yang sedang kita buka. Hal ini bisa kita tangani dengan menggunakan plugin cache seperti wp super cahce, w3 total chace, wp rocket dan lain sebagainya. Dengan adanya plugin cache tersebut, loading website akan sangat cepat, dan bahkan akan mengalahkan loading website non wordpress yang membutuhkan query database sedikit. Untuk penjelasan plugin ini akan kami jelaskan di lain waktu.

– Masalah keamanan wordpress bagi pengguna baru

WordPress memang salah satu cms yang sangat rentan untuk di bobol. dan ingat hal ini adalah karena faktor pengguna yang mengindahkan konfigurasi keamanan pada websitnya. Jadi dengan kata lain , kenapa wordperss mudah dibobol karena memang wordperss ini sangat mudah untuk di digunakan, sehingga penggunanya sangat banyak, dan banyak dari mereka yang tidak memasang perlindungan di website mereka.Untuk lebih jelasnya tentang perbandingan semua cms dan tingkat keamanan, bisa di lihat gambar dibawah ini.

Wordperss mungkin menduduki peringkat atas karena banyak pengguna baru yang menggunakan wordpress. Jika magento , jomla dll banyak pengguna baru, mungkin beda kasusnya. Dan untuk konfigurasi yang benar dalam mengatasi situs wordpress kita  dari peretasan, akan kami bahas terpisah di tutorial selanjutnya

Kesimpulan

Mungkin terkadang anda malu jika anda sebagai korporate besar tapi menggunakan wrodpress. Sebenarnya anda tidak perlu khawatir karena anda pun bisa menyembunyikan dari pengunjung anda tentang identitas cms yang anda gunakan.  WordPress merupakan cms yang handal . Jadi sudah selayaknya anda harus menggunakan cms yang satu ini sebagai pilihan utama.

Selanjutnya

Pada tahap selanjutnya akan kami terangkan cara membuat website dengan wordpress di localhost.

Pin It on Pinterest

Share This