Saatnya kita sampai di tahap yang ke 4. Sebelumnya kami sarankan rekan rekan semua membaca artikel kami sebelumnya tentang nodejs agar teman teman semuanya tidak terlewatkan materi yang telah kami sampaikan. Ok saatnya kita mengenal lebih jauh tentang module di nodejs.

Apa itu module di node.js

Modul dalam Nodejs merupakan kumpulan fungsi yang ingin Anda sertakan dalam aplikasi Anda. Baik itu memiliki fungsi sederhana atau kompleks. Semisal anda ingin menambahkan sebuah fungsi. Anda bisa membuat file tersendiri untuk fungsi /terpisah , dan anda tinggal panggil ke script utama anda.

Sebenarnya anda juga tidak perlu repot repot untuk membuat module ini, karena banyak sekali module yang sudah di bikin oleh komunitas nodejs, yang bisa anda gunakan. Anda tidak harus membuat fungsi dari no. Anda tinggal import, dan fungsi yang anda inginkan pun akan tercipta tanpa report.

Dengan kata lain, module merupkan hal yang sangat mendasar yang harus di mengerti oleh programer untuk membuat kerja mereka lebih cepat dan effisien.

Bagaimana Cara menginstall module di node.js

Sebenarnya kita sudah pernah membahas pada tutorial sebelumnya tentang npm. Dan untuk menginstallnya kita bisa menggunakan NPM dengan perintah sintax berikut

npm install nama_module

Dan untuk menghapusnya kita tinggal rubah install menjadi uninstall . Sehingga petintahnya adalah seperti berikut ini

npm uninstall nama_module

Tipe Module yang ada di Node js

Didalam nodejs dibagi 3 jenis modul yaitu Core Modules/Build-in , Local Modules dan Third Party Modules. Apa perbedaan di antara ketiganya? ok mari kita bahas satu persatu ya

1.Core Module

Node.js adalah salah satu frameworkyang ringan sehingga ada banyak module yang ditambahkan di installernya. Core module sudah include di dalam Node.js. Core module dikompilasi ke dalam file distribusi / instllaer . Module Module ini tidak perlu lagi menginstall module jenis ini dengan npm. Akan tetapi Anda tetap harus mengimpor core mdodule terlebih dahulu untuk menggunakannya di aplikasi Anda.

Beberapa core module yang sering digunakan di dalam nodejs diantaranya adalah http, url,querystring, path, fs, util.

Untuk menggunakan Core module Node.js atau modul NPM, Anda harus mengimpornya terlebih dahulu seperti sintax yang kami tulis di bawah ini.

var module = require('module_name');

Untuk memperjelas, kami sertakan sekalian cara penggunaan core module dalam bentuk script lengkap. Script dibawah ini adalah script yang digunakan untuk membuat web server menggunakan core module

var http = require('http');
var server = http.createServer(function(req, res){
  //Kode 
});

server.listen(8080); 

2. Local Module

Lokal modul adalah modul yang bisa anda buat . Module ini dibuat secara lokal di aplikasi Node.js Anda. Modul-modul ini bisa berupa fungsi yang dibutuhkan oleh aplikasi yang akan anda buat. dan lokasi dari file ini adalah file dan folder terpisah. Akan tetapi Anda juga dapat mengemasnya serta mendistribusikannya melalui NPM, sehingga komunitas Node.js yang lain dapat memanfaatkan dan menggunakan module yang anda bikin.

Berikut ini contoh module sederhana yang bisa anda bikin. File ini kami beri nama lokalmodul.js , yang lokasinya satu folder dengan file utama.

var namavariable = {
            helloword: function (info) { 
                console.log('helloword');
            },
            selamatpagi:function (warning) { 
                console.log('selamatpagi');
            },
            error:function (error) { 
                console.log('Error: ');
            }
    };

module.exports = namavariable

Untuk memanggil lokal modul ini kita bisa menggunakan kode dibawah ini.

var localmodule = require('./lokalmodul.js');
localmodule.helloword();
localmodule.selamatpagi();

3. Third Party Modules

Ini adalah modul yang sudah di sediakan oleh pengguna lain yang. Banyak sekali module yang bisa kita gunakan. Anda bisa mendapatkan module ini di https://www.npmjs.com/. Cara menggunakanya sama seperti menggunakan built in modul atau core module ya itu dengan cara

var module = require('module_name');

Akan tetapi anda harus menginstallnya terlebih dahulu agar module ini bisa di gunakan. Caranya seperti yang kami jelaskan diatas, yaitu dengan menggunakan NPM

npm install nama_module

Penutup

Sebelum anda membuat sebuah module, hendaklah anda mencari dulu literatur yang ada di internet, atau anda langsung ke website nya https://www.npmjs.com/. Agar anda tidak terburu buru untuk membuat modul sendiri yang tentu ini akan menguras tenaga dan waktu anda.

Pemehaman tentang module, akan membuat kerja anda effisian, menyingkat waktu bahkan tenaga anda.

Pin It on Pinterest

Share This